Karbohidrat dalam kimia

Senyawa ini juga memiliki gugus hidroksil. Aplikasi di Kehidupan Sehari-hari Ada banyak fungsi dari karbohidrat dalam penerapannya di industri pangan, farmasi maupun dalam kehidupan manusia sehari-hari, diantaranya: Bahan-bahan ini dibentuk menyebabkan ketidakseimbangan natrium dan dehidrasi.

Rafinosa Rafinosa adalah suatu trisakarida yang penting, terdiri atas tiga molekul monosakarida yang berkaitan, yaitu galaktosa-glukosa-fruktosa. Dihidroksiaseton dinamakan ketotriosa karena terdiri atas tiga atom karbon dan mempunyai gugus keton. Walaupun pada rumus empiris menggunakan H2O, namun kenyatannya tidak ada molekul air yang terikat langsung pada rantai karbon karbohidrat.

Enersi kimia yang terbentuk akan disimpan di dalam daun, batang, umbi, buah dan biji-bijian. Akan tetapi, sejak tahun an disadari bahwa senyawa tersebut bukanlah hidrat dari karbon. Karbohidrat dihasilkan oleh tumbuhan berklorofil dengan bantuan sinar matahari.

Enersi kimia yang terbentuk akan disimpan di dalam daun, batang, umbi, buah dan biji-bijian. Galaktosa mempunyai sifat memutar bidang cahaya terpolarisasi ke kanan. Kelima atom C yang lain masing-masing mengandung gugus hidroksil, -OH. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh perbedaan kedudukan ruang gugus -OH.

Dengan memecah gula turun menjadi karbon dioksida dan air, organisme hidup dapat melepaskan energi yang terkunci di dalamnya digunakan untuk kebutuhan energi.

Selulosa Selulosa terdapat dalam tumbuhan sebagai bahan pembentuk dinding sel. Apabila enzim ini kurang atau terganggu, bayi tidak dapat mencernakan susu. Glikogen memiliki struktur mirip amilopektin salah satu jenis pati tetapi dengan lebih banyak percabangan, yaitu setiap residu.

Banyak karbohidrat merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta dapat pula bercabang-cabang, disebut polisakarida, misalnya pati, kitin, dan selulosa.

Galaktosa Monosakarida ini jarang terdapat bebas dalam alam. Pada karbohidrat juga dijumpai keisomeran optik, molekul-molekul yang komposisinya identik tetapi berbeda orientasinya dalam ruang dan keaktifan optiknya. Waelmy Artiana P.

Apa saja macam-macam penggolongan dari karbohidrat? Jika ada ruang gas pada kaki diukur. Glukosa juga memiliki keunggulan yaitu tidak mudah bereaksi secara nonspesifik dengan gugus amino suatu protein dengan cara mereduksinya. Monosakarida di klasifikasikan menjadi 6 jenis, yaitu:Pada karbohidrat juga dijumpai keisomeran optik, molekul-molekul yang komposisinya identik tetapi berbeda orientasinya dalam ruang dan keaktifan optiknya.

Karbohidrat yang paling sederhana ditemukan di alam mengandung tiga atom C disebut triosa. carbon), hidrogen (H), dan oksigen (O) dalam tubuhnya. Sekumpulan atom-atom akan membentuk molekul-molekul yang disebut molekul organik. Ada empat golongan molekul organik, yaitu molekul lipid, protein, karbohidrat, dan asam nukleat.

Karbohidrat adalah senyawa organik yang hanya mengandung atom C, H dan O dengan perbandingan atom hidrogen:oksigen yakni (seperti pada air). Dengan kata lain, karbohidrat mempunyai rumus empiris yaitu C m (H 2 O) n (dimana m berbeda dengan n).

Karbohidrat

Dalam menu makanan orang Asia Tenggara termasuk Indonesia, umumnya kandungan karbohidrat cukup tinggi, yaitu antara 70–80%. Bahan makanan sumber karbohidrat ini misalnya padi-padian atau serealia (gandum dan beras), umbi-umbian (kentang, singkong, ubi jalar), dan gula.

PROTEIN. Protein merupakan unsur penting dalam tubuh karena sebagian komponen utama pembentukan enzim yang berfungsi sebagai biokatalis. Protein juga merupakan komponen penyusun tubuh, seperti kuku dan rambut.

Tentang Karbohidrat

Istilah ini paling umum dalam biokimia, dimana adalah sinonim dari sakarida. Karbohidrat (saccarides) terbagi dalam empat kelompok kimia: monosakarida,disakarida, oligosakarida, dan polisakarida.

Karbohidrat dalam kimia
Rated 5/5 based on 96 review