Pengertian obesitas menurut who pdf

Lingkungan dan faktor lain 1. Mutasi gen terjadi pada kromosom ke 15 yang mengatur nafsu makan. Seringkali penimbuhan lemak diperut bisa dikarenakan karena stres Soeria: Faktor Yang Mempengaruhi Terdapat faktor yang mempengaruhi obesitas yakni antara lain: Ini umum terjadi pada wanita muda.

Akibat kegemukan menyebabkan kesukaran bernafas terutama pada waktu tidur malam sleep apneakeadaan yang berat dapat menimbulkan penurunan kesadaran sampai koma. Hipotiroidisme menyebabkan kecepatan metabolisme karbohidrat dan lemak menurun.

Kualitas asupan dapat diperbaiki dengan mengurangi konsumsi makanan padat energi contohnya makanan yang tinggi lemak dan gula, serta dengan meningkatkan asupan serat. Dengan bertambahnya ukuran lingkaran perut dan panggul, terutama pada obesitas tipe sentral atau android, dapat menimbulkan resistensi insulin.

Perbanyak makan sayuran segar dan buah-buahan, hindari mengkonsumsi makanan siap saji. Diet ini hanya boleh diterapkan selama 12 minggu dengan pengawasan dokter. Gen yang ditemukan diduga dapat mempengaruhi jumlah dan besar sel lemak, distribusi lemak dan besar penggunaan energi untuk metabolisme saat tubuh istirahat.

Pengertian, Jenis dan Faktor Penyebab Obesitas

Obesitas dapat terjadi baik pada laki-laki maupun perempuan. Polimorfisme dalam variasi gen mengontrol nafsu makan dan metabolisme menjadi predisposisi obesitas ketika adanya kalorui yang cukup.

Tipe ini terjadi masa dewasa. Dengan bertambahnya usia, kemampuan metabolik tubuh akan menurun sehinggan kebanyakan orang akan menyimpan kelebihan berat badan. Orang tersebut harus segera dibangunkan dan kembali bernafas, sehingga kadar oksigen dalam darah dan aliran darah ke otak kembali normal.

Selain dari makanan yang memiliki kalori tinggi, kurang olah raga. Meningkatkan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, termasuk tumbuhan polong-polongan, gandum murni dan kacang-kacangan. Ini dikarenakan adanya sumbatan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh lemak yang mengendap di pembuluh darah sehingga menyebabkan hipertensi yang kalau lama dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan pembuluh darah dan menjadi pendarahan.

Pencegahan, Penatalaksanaan dan Pengukuran Obesitas

Tipe Hiperplastik. Mengurangi lemak akan mengurangi asupan kalori dan memperbanyak turunnya BB. Secara umum, obesitas disebabkan oleh meningkatnya asupan energi dengan kandungan lemak yang tinggi dan menurunnya aktivitas fisik sebagai akibat dari perubahan pola sosial dan lingkungan seperti perubahan pekerjaan, alat transportasi dan meningkatnya urbanisasi.

PENGERTIAN OBESITAS

Lingkungan dan faktor lain Obesitas juga dapat disebabkan oleh emosi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara: Umumnya obesitas dikarenakan oleh meningkatnya asupan enerti dengan kandungan lemak yang banyak dan menurunnya kegiatan fisik sebagai akibat dari berubahnya pola sosial dan lingkungan seperti pekerjaan yang berubah, alat transportasi dan urbanisasi yang meningkat.

“Obesitas” Pengertian & ( Jenis – Faktor Yang Menyebabkan – Risiko )

Tipe Hiperplastik,Obesitas yang terjadi karena jumlah sel yang melebihi normal, namun ukurannya sesuai dengan ukuran sel normal. Lemak yang menumpuk adalah lemak jenuh. Untuk informasi lebih lanjut tentang pengertian manajemen pendidikan bisa melihat sedikit ulasan berikut ini.

Kurangi, hanya sejumlah kecil, asupan kalori per hari kurang lebih kkal. Indeks BMI di atas 25 menunjukkan bahwa seseorang masuk ke dalam kategori over weight atau berat badan di atas normal.

Artikel Terkait: Karena sendi tersebut bekerja dengan keras maka terjadi penurunan fungsi sendi. Reseptor leptin terdapat pada jaringan adipose coklat.

Kelainan endokrin Hipotiroidisme Hipotiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid tidak memproduksi hormone tiroid sesuai kebutuhan tubuh. Jenis Kelamin Jenis kelamin berpengaruh terhadap obesitas. Selain itu, factor ststus sosial dan ekonomi sangat memengaruhi.

Dengan berambahnya usia, kemampuan metabolik tubuh akan menurun sehingga kebanyakan orang akan menyimpan kelebihan berat badan.OBESITAS. A. PENGERTIAN OBESITAS Obesitas (kegemukan) adalah suatu keadaan dimana terjadi penumpukan lemak tubuh yang berlebih, sehingga BB seseorang jauh di atas normal dan dapat membahayakan kesehatan.

· Pengertian Rekreasi Rekreasi menurut David Gray dalam Butler () mendefinisikan bahwa, “Recreation is an emotional condition within an individual human being that flows from a feeling of well-being and self-satisfactionâ€.

Menurut 4,5/5. menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahunprevalensi nasional obesitas umum pada penduduk berusia ≥ 15 tahun adalah 10,3% (laki-laki 13,9%, perempuan 23,8%) (Depkes RI, ).

Menurut Sajogo, et. al. (), obesitas menjadi penyebab meningkatnya angka kesakitan dan kematian akibat hipertensi, dislipidemia, diabetes mellitus tipe 2, penyakit jantung koroner, stroke, penyakit kandung empedu, osteoarthritis, karsinoma endometrium, payudara, Author: Muchlisin Riadi.

· Menurut penelitian, anak-anak yang memiliki orang tua normal memiliki resiko 10% untuk terkena obesitas, apabila salah satu orang tuanya menderita obesitas, maka resikonya meningkat menjadi % sedangkan jika kedua orang tuanya, obesitas maka resiko akan meningkat 70 5/5(5).

· Obesitas didefinisikan sebagai berat badan lebih dari 20 % dari berat normal sesuai dengan usia standar, tinggi badan, dan indeks massa tubuh (BMI). Telah diperkirakan bahwa saat ini 30 % sampai 35 % orang Amerika mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.4,5/5.

Pengertian obesitas menurut who pdf
Rated 5/5 based on 87 review